Friday, June 7, 2013

Perbedaan tubuh kelinci Flemish Giant dan New Zealand

Menurut American Rabbit Breeders Association (ARBA) secara umum bentuk tubuh kelinci dikelompokkan menjadi lima, masing masing adalah Cylindrical, Semi-Arch, Commercial, Compact, dan Full-Arch.

Bentuk fisik kelinci New Zealand (NZ) biasa disebut kelinci Australi atau Australia termasuk dalam kelompok kelinci dengan bentuk tubuh Commercial sedangkan kelinci Flemish giant (FG) biasa disebut Flam termasuk dalam golongan Semi-Arch.

Perbedaan tubuh kelinci Flemish Giant dan New Zealand


Tubuh NZ agak pendek dengan tulang punggung membentuk kurva dimulai dari tepat dibelakang kepala sampai ke ekor sedangkn FG memiliki tubuh lebih panjang dgn tulang punggung membentuk kurva dimulai dari bahu sampai ke ekor.

Bentuk tubuh kelinci.
Image: rabbitbreeders.us

Tubuh New Zealand White
Bentuk tubuh "commercial" kelinci New Zealand.
Image: kelincimurahsolo.blogspot.com
Bentuk tubuh "semi-arch" kelinci Femish Giant
Image: kelinci-lamongan.blogspot.com


Telinga NZ telinga agak besar dan tebal dengan ujungnya yang sedikit membulat. Telinga FG memiliki dasar tebal dan panjang bisa mencapai 15cm atau lebih.

Kepala kelinci NZ kompak hampir membentuk bulat ujung peluru. Kepala FG besar dan lebar serasi dengan bentuk tubuhnya.

Warna kelinci NZ kebanyakan putih (albino tanpa pigment) ada juga warna  merah, hitam, dan biru. Warna kelinci FG yg diakui hitam (black), biru (blue), coklat kuning muda (fawn), abu-abu terang (light gray), seperti pasir (sandy), abu-abu besi (steel gray), dan putih (white).





2 comments: